Kegiatan OSIS

Kegiatan OSIS SMK Negeri 1 Batang 

DESKRIPSI SINGKAT TENTANG OSIS

 

Organisasi Siswa Intra Sekolah (disingkat OSIS) adalah suatu organisasi yang berada di tingkat sekolah di Indonesia yang dimulai dari Sekolah Menengah yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). OSIS diurus dan dikelola oleh murid-murid yang terpilih untuk menjadi pengurus OSIS. Biasanya organisasi ini memiliki seorang pembimbing dari guru yang dipilih oleh pihak sekolah. Anggota OSIS adalah seluruh siswa

Sejarah OSIS:

Sebelum lahirnya OSIS, di sekolah-sekolah tingkat SLTP dan SLTA terdapat organisasi yang bebagai macam corak bentuknya. Ada organisasi siswa yang hanya dibentuk bersifat intern sekolah itu sendiri, dan ada pula organisasi siswa yang dibentuk oleh organisasi siswa di luar sekolah. Organisasi siswa yang dibentuk dan mempunyai hubungan dengan organisasi siswa dari luar sekolah, sebagian ada yang mengarah pada hal-hal bersifat politis, sehingga kegiatan organisasi siswa tersebut dikendalikan dari luar sekolah sebagai tempat diselenggarakannya proses belajar mengajar.

Akibat dari keadaan yang demikian itu, maka timbullah loyalitas ganda, disatu pihak harus melaksanakan peraturan yang dibuat Kepala Sekolah, sedang dipihak lain harus tunduk kepada organisasi siswa yang dikendalikan di luar sekolah.

Dapat dibayangkan berapa banyak macam organisasi siswa yang tumbuh dan berkembang pada saat itu, dan bukan tidak mungkin organisasi siswa tersebut dapat dimanfaatkan untuk kepentingan organisasi di luar sekolah.

Itu sebabnya pada tahun 1970 sampai dengan tahun 1972, beberapa pimpinan organisasi siswa yang sadar akan maksud dan tujuan belajar di sekolah, ingin menghindari bahaya perpecahan di antara para siswa intra sekolah di sekolah masing-masing, setelah mendapat arahan dari pimpinan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Pembinaan dan pengembangan generasi muda diarahkan untuk mempersiapkan kader penerus perjuangan bangsa dan pembangunan nasional dengan memberikan bekal keterampilan, kepemimpinan, kesegaran jasmani, daya kreasi, patriotisme, idealisme, kepribadian dan budi pekerti luhur.

Oleh karena itu pembanguan wadah pembinaan generasi muda di lingkungan sekolah yang diterapkan melalui Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) perlu ditata secara terarah dan teratur.

Betapa besar perhatian dan usaha pemerintah dalam membina kehidupan para siswa, maka ditetapkan OSIS sebagai salah satu jalur pembinaan kesiswaan secara nasional. Jalur tersebut terkenal dengan nama “Empat Jalur Pembinaan Kesiswaan”, yaitu:

  1. Organisasi Kesiswaan
  2. Latihan Kepemimpinan
  3. Kegiatan Ekstrakurikuler
  4. Kegiatan wawasan Wiyatamandala

Dengan dilandasi latar belakang sejarah lahirnya OSIS dan berbagai situasi, OSIS dibentuk dengan tujuan pokok: Menghimpun ide, pemikiran, bakat, kreativitas, serta minat para siswa ke dalam salah satu wadah yang bebas dari berbagai macam pengaruh negative dari luar sekolah. Mendorong sikap, jiwa dan semangat kasatuan dan persatuan di antara para siswa, sehingga timbul satu kebanggaan untuk mendukung peran sekolah sebagai tempat terselenggaranya proses belajar mengajar. Sebagai tempat dan sarana untk berkomunikasi, menyampaikan pemikiran, dan gagasan dalam usaha untuk mematangkan kemampuan berpikir, wawasan, dan pengambilan keputusan.

Dasar Hukum

  1. Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Peraturan Pemerintah No 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  3. Permendiknas Nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan
  4. Permendiknas Nomor 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan
  5. Permendiknas Nomor 39 tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan
  6. Buku Panduan OSIS terbitan Kemdiknas tahun 2011

Pengertian

Secara Semantis

Di dalam Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 226/C/Kep/0/1992 disebutkan bahwa organisasi kesiswaan di sekolah adalah OSIS. OSIS adalah Organisasi Siswa Intra Sekolah. Masing-masing kata mempunyai pengertian:

  • Organisasi. Secara umum adalah kelompok kerja sama antara pribadi yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama. Organisasi dalam hal ini dimaksudkan sebagai satuan atau kelompok kerja sama para siswa yang dibentuk dalam usaha mencapai tujuan bersama, yaitu mendukung terwujudnya pembinaan kesiswaan.
  • Siswa, adalah peserta didik pada satuan pendidikan dasar dan menengah.
  • Intra, berarti terletak di dalam dan di antara. Sehingga suatu organisasi siswa yang ada di dalam dan di lingkungan sekolah yang bersangkutan.
  • Sekolah adalah satuan pendidikan tempat menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar, yang dalam hal ini Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah atau Sekolah/Madrasah yang sederajat.

Secara Organis

OSIS adalah satu-satunya wadah organisasi siswa yang sah di sekolah. Oleh karena itu setiap sekolah wajib membentuk Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), yang tidak mempunyai hubungan organisatoris dengan OSIS di sekolah lain dan tidak menjadi bagian/alat dari organisasi lain yang ada di luar sekolah.

Secara Fungsional

Dalam rangka pelaksanaan kebijaksanaan pendidikan, khususnya dibidang pembinaan kesiswaan, arti yang terkandung lebih jauh dalam pengertian OSIS adalah sebagai salah satu dari empat jalur pembinaan kesiswaan, disamping ketiga jalur yang lain yaitu: latihan kepemimpinan, ekstrakurikuler, dan wawasan Wiyatamandala.

 

Secara Sistemik

Apabila OSIS dipandang sebagai suatu sistem, berarti OSIS sebagai tempat kehidupan berkelompok siswa yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Dalam hal ini OSIS dipandang sebagai suatu sistem, di mana sekumpulan para siswa mengadakan koordinasi dalam upaya menciptakan suatu organisasi yang mampu mencapai tujuan. Oleh karena OSIS Sebagai suatu sistem ditandai beberapa ciri pokok, yaitu:

  • Berorientasi pada tujuan
  • Memiliki susunan kehidupan berkelompok
  • Memiliki sejumlah peranan
  • Terkoordinasi
  • Berkelanjutan dalam waktu tertentu

Fungsi

Salah satu ciri pokok suatu organisasi ialah memiliki berbagai macam fungsi. Demikian pula OSIS sebagai suatu organisasi memiliki pula beberapa fungsi dalam mencapai tujuan. Sebagai salah satu jalur dari pembinaan kesiswaan,fungsi OSIS adalah:

  • Sebagai Wadah

Organisasi Siswa Intra Sekolah merupakan satu-satunya wadah kegiatan para siswa di sekolah bersama dengan jalur pembinaan yang lain untuk mendukung tercapainya pembinaan kesiswaan.

  • Sebagai Motivator

Motivator adalah perangsang yang menyebabkan lahirnya keinginan dan semangat para siswa untuk berbuat dan melakukan kegiatan bersama dalam mencapai tujuan.

  • Sebagai Preventif

Apabila fungsi yang bersifat intelek dalam arti secara internal OSIS dapat menggerakkan sumber daya yang ada dan secara eksternal OSIS mampu beradaptasi dengan lingkungan, seperti menyelesaikan persoalan perilaku menyimpang siswa dan sebagainya. Dengan demikian secara prepentif OSIS ikut mengamankan sekolah dari segala ancaman dari luar maupun dari dalam sekolah. Fungsi preventif OSIS akan terwujud apabila fungsi OSIS sebagai pendorong lebih dahulu harus dapat diwujudkan.

Tujuan

Setiap organisasi selalu memiliki tujuan yang ingin dicapai, begitu pula dengan OSIS ada beberapa tujuan yang ingin dicapai, antara lain:

  1. Meningkatkan generasi penerus yang beriman dan bertaqwa
  2. Memahami, menghargai lingkungan hidup dan nilai-nilai moral dalam mengambil keputusan yang tepat
  3. Membangun landasan kepribadian yang kuat dan menghargai HAM dalam kontek kemajuan budaya bangsa
  4. Membangun, mengembangkan wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air dalam era globalisasi
  5. Memperdalam sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, dan kerja sama secara mandiri, berpikir logis dan demokratis
  6. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta menghargai karya artistic, budaya dan intelektual
  7. Meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani memantapkan kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara.

 

10 SEKBID DALAM OSIS SMK NEGERI 1 BATANG

 

SEKSI BIDANG (SEKBID) 1

KETAQWAAN TERHADAP TUHAN YANG MAHA ESA

  1. Menaungi ekstra kurikuler kerohanian, FORJAS (Forum Remaja Islam)
  2. Mendampingi kegiatan kerohanian Islam maupun non Islam
  3. Melakukan presensi setiap kegiatan FORJAS.
  4. Bekerjasama dengan takmir menjaga kebersihan mushola.
  5. Mengkoordinir kegiatan Tadarus setiap hari kamis pagi, terawih bersama, buka puasa besama, zakat fitrah dll
  6. Memantau kegiatan Mentoring
  7. Bekerjasama dengan FORJAS mensukseskan peringatan hari besar keagamaan (Maulid Nabi dll)

SEKSI BIDANG (SEKBID) 2

BUDI PEKERTI LUHUR DAN AKHLAK MULIA

 

  1. Menaungi eskul BISMAPALA (Bisnis Manajemen Pecinta Alam)
  2. Mendampingi kegiatan BISMAPALA
  3. Melakukan presensi setiap kegiatan BISMAPALA.
  4. Mendampingi kegiatan ekstra BISMAPALA didalam maupun luar sekolah.
  5. Mengirimkan anggota BISMAPALA untuk mengikuti event – event perlombaan.

 

 

SEKSI BIDANG (SEKBID) 3

 

KEPRIBADIAN UNGGUL WAWASAN KEBANGSAAN DAN BELA NEGARA

 

  1. Menaungi eskul PRAMUKA
  2. Mengikuti setiap latihan rutin PRAMUKA hari Jum’at sore.
  3. Melakukan presensi setiap latihan rutin PRAMUKA hari Jum’at sore.
  4. Mendampingi PRAMUKA setiap ada kegiatan didalam maupun diluar sekolah
  5. Bekerjasama dengan PRAMUKA mensukseskan program kerja PRAMUKA
  6. Mendampingi PRAMUKA setiap ada lomba
  7. Menjadi anggota Dewan Ambalan (bukan pengurus teras)

 

 

 

SEKSI BIDANG (SEKBID) 4

PRESTASI AKADEMIK, SENI, DAN OLAHRAGA

 

  1. Menaungi eskul Olah Raga, dan Mathematika Club
  2. Mendampingi setiap kegiatan Olah Raga, dan Mathematika Club
  3. Melakukan presensi setiap kegiatan Olah Raga, dan Mathematika Club
  4. Memajukan minat siswa dalam bidang Olah Raga, dan Mathematika Club
  5. Ikut aktif dalam Organisasi A2S/Mathematika Club/English Club.
  6. Mendampingi setiap lomba yang diikuti oleh eskul Olah Raga, dan Mathematika Club
  7. Mengadakan kegiatan olahraga setiap ada event tertentu.
  8. Mengadakan olimpiade matematika tingkat sekolah.
  9. Mengadakan classmeeting dan OSIS CUP

 

SEKSI BIDANG (SEKBID) 5

DEMOKRASI HAK ASASI MANUSIA PENDIDIKAN POLITIK LINGKUNGAN

HIDUP KEPEKAAN DAN TOLERANSI SOSIAL DALAM KONTEKS MASYARAKAT PLURAL

 

  1. Menaungi eskul PKS DAN PASSUSKA
  2. Ikut aktif dalam latihan rutin PKS atau PASSUSKA.
  3. Menggantikan apel apabila ada petugas yang izin.
  4. Mengurus jadwal apel harian.
  5. Mengurus jadwal upacara setiap hari Senin atau hari besar dan mepersiapkan perlengkapan upacara.
  6. Mendampingi setiap lomba yang diikuti PKS atau PASSUSKA
  7. Presensi setiap latihan rutin PKS dan PASSUSKA.
  8. Mendampingi setiap kegiatan yang diadakan oleh PKS atau PASSUSKA

 

SEKSI BIDANG (SEKBID) 6

KREATIVITAS, KETERAMPILAN DAN KEWIRAUSAHAAN

 

 

  1. Mengembangkan serta mengurus Kantin Kejujuran dan Toko Wira.
  2. Bekerjasama dengan pihat lain dalam mengembangkan Kantin Kejujuran dan Toko Wira
  3. Presensi kehadiran penjaga Kantin Kejujuran dan Toko Wira.
  4. Menjaga kebersihan di Kejujuran dan Toko Wira.
  5. Membuat pembukuan Kejujuran dan Toko Wira.
  6. Menyalurkan bakat siswa dalam berwirausaha.
  7. Menyetorkan pemasukan dan pengeluaran kepada  pembina.
  8. Melaporkan rekapan absen kepada pembina.
  9. Mengadakan seminar kewirausahaan.
  10. Mengadakan bazar
  11. Mengadakan pameran dari barang - barang karya siswa

SEKSI BIDANG (SEKBID) 7

KUALITAS JASMANI, KESEHATAN DAN GIZI YANG BERBASIS

SUMBER GIZI YANG TERDIVERSIFIKASI

 

  1. Menaungi ekstra PMR.
  2. Ikut aktif dalam latihan rutin PMR.
  3. Mengkoordinir absensi dalam ekstra harian PMR.
  4. Mengikuti setiap kegiatan PMR.
  5. Mengikuti Latihan Rutin ektra PMR.
  6. Mendampingi ekstra PMR saat mengikuti lomba atau event-event lainnya.
  7. Ikut menjaga kebersihan dan mengembangkan UKS.

 

 

SEKSI BIDANG (SEKBID) 8

SASTRA DAN BUDAYA

 

 

  1. Menaungi eskul UNDERCOVER, Marching Band
  2. Mengikuti latihan rutin UNDERCOVER
  3. Aktif ekstra UNDERCOVER.
  4. Presensi latihan rutin UNDERCOVER
  5. Aktif dalam kegiatan UNDERCOVER.
  6. Memastikan ekstra UNDERCOVER berjalan dengan baik.
  7. Ikut mengembangkan kreativitas siswa.
  8. Mendampingi UNDERCOVER setiap ada event-event tertentu.
  9. Membantu mengadakan pasar seni.

 

SEKSI BIDANG (SEKBID) 9

TEKNOLOGI INFORMATIKA

 

  1. Menaungi ekstra KBBF (Kelompok Belajar Buat Film).
  2. Absensi setiap latihan rutin KBBF.
  3. Membuat dan mengelola sosmed terkait OSIS SMK NEGERI 1 Batang.
  4. Menjaga dan merawat inventaris sekbid 9.
  5. Mengklarifikasi hoax.
  6. Mendokumentasikan kegiatan di SMK NEGERI 1 BATANG.
  7. Mengupload kegiatan yang diselenggarakan SMK NEGERI 1 Batang.
  8. Membuat Casting ekstra KBBF.
  9. Mendampingi event perlombaan KBBF.
  10. Membuat karya film dengan ekstra KBBF.

SEKSI BIDANG (SEKBID) 10

KOMUNIKASI DALAM BAHASA INGGRIS

 

 

  1. Menaungi ekstra English Community.
  2. Latihan rutin setiap minggu.
  3. Mengabsen setiap latihan rutin peserta ekstra English Community.
  4. Mengikuti/mendampingi event- event yang diselenggarakan oleh English Community atau pihak lain
  5. Mengadakan lomba story telling/ menyanyi lagu barat setiap ada event – event di SMK NEGERI 1 BATANG.

 

 

 

 

SUSUNAN PEMBINA DAN PENGURUS OSIS

 SMK NEGERI 1 BATANG

MASA BHAKTI 2020/2021

 

  1. SUSUNAN PEMBINA OSIS

No.

Nama

Jabatan Dinas

Jabatan Organisasi

1

Catur Puji Raharjo, S.Pd, M.Si

Kepala Sekolah

Penanggung jawab

2

Nurudin Fajar, S.Sos

Waka Kesiswaan

Ketua Pembina

3

M. Taufik, S.PdI

Guru

Pembina Administrasi dan Keuangan

4

Mardanu Susilo, S.Pd.I

 

Guru

 

Pembina Keimanan Ketaqwaan TYME

5

Ahsan Prasetyo, S.Pd

 

Guru

 

Pembina Budi Pekerti Luhur atau Akhlak Mulia

6

Triyono, S.Pd, M.Si

Nugraha Ardi S, S.Pd.

Puji Rahayu, S.Pd

Ranja Dwi Intani, S.Pd

Guru

 

Pembina Kepribadian Unggul, Wawasan Kebangsaan&Bela Negara

 

7

Mohammad Sholeh, S.Pd

Dessy Eka Jayanti, M.Pd

Guru

 

Pembina Prestasi akademik, seni, dan olahraga

8

Arifin AR, S.Si

 

Guru

 

Pembina Demokrasi, HAM, Pend. Pol., LH, Kepekaan, & Toleransi Sosial dlm kontek Masy. Plural

9

Novliansari Nikmah, S.Pd

Guru

 

Pembina Kreativitas, Ketrampilan, dan Kewirausahaan

10

Handis Wiyantoro, S.Pd

 

Guru

 

Pembina Kualitas Jasmani, Kesehatan, dan Gizi Berbasis Sumber Gizi yang terdiversifikasi

11

Amirul Mukminin, S.Pd.

Guru

Pembina Sastra dan Budaya

12

Ike Yulistika (BISIS)

Astri Yuliani, S.Pd (KBBF)

Guru

 

Pembina Karya Ilmiah Remaja

13

Murtiningsih, S.Pd

Guru

Pembina English Comunity

14

Diah Arifinawa, S.Pd

Guru

Pembina PIK-R

15

Mohammad Sholeh, S.Pd

Ika Trione P, S.Psi

Minda Feptianny, S.Pd

Amirul Mukminin, S.Pd.

Murtiningsih, S.Pd

Handis Wiyantoro, S.Pd

Ety Kumalasari, S.Pd

Bani Arifin, ME

Guru

 

STP2K

 

 

  1. SUSUNAN PENGURUS OSIS

No

Nama

Jabatan

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

 

11.

 

12.

13.

 

14.

 

15.

 

16.

17.

 

18.

 

 

19.

 

 

20.

 

21.

 

22.

 

23.

 

24.

25.

26.

27.

28.

29.

Raikhan Nafi’ul Biladh

Felisa Dwi Pramesti

Dwi Apriliani Kartika

Nadhifa Ariellia

Felisha Cristania Putri

Nabila Dwi Asti

Ismatul Khasanah

Meifa Devia

Phihani Fiagustin

Aryan Satria Ramadhani

 

Natasya Sri Pramukti

 

Muhammad Fariz Nugroho

Anggi Oktavianingsih

 

Fahrul Firmansyah

 

Ine Afilia

 

Siska Apriliani Saputri

Satria Damarjati

 

Vaniessa Apriliyani

 

 

Juannesta Lovileana

 

 

Dewi Jasmine Setyowati

 

Siti Masita Saputri

 

Aura Pangeran Java

 

Dhika Setyawan

 

Disty Widya Intan Zakiyah R

Rafa Naura Auliya

Rofian Budianto

Muhammad Ridwan Afrida

Giant Melati Sukma

Ika Izzul Latifah

Ketua Umum

Ketua I

Ketua II

Sekretaris Umum

Sekretaris I

Sekretaris II

Bendahara Umum

Bendahara I

Bendahara II

Kasie Sekbid 1 (Sie Ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa)

Wakasie Sekbid 1 (Sie Ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa)

Kasie Sekbid 2 (Sie Budi Pekerti Luhur dan Akhlak Mulia)

Wakasie Sekbid 2 (Sie Budi Pekerti Luhur dan Akhlak Mulia)

Kasie Sekbid 3 (Sie Kepribadian unggul, wawasan kebangsaan dan bela negara)

Wakasie Sekbid 3 (Sie Kepribadian unggul, wawasan kebangsaan dan bela negara)

Kasie Sekbid 4 (Sie Prestasi akademik, seni, dan olahraga)

Wakasie Sekbid 4 (Sie Prestasi akademik, seni, dan olahraga)

Kasie Sekbid 5 (Sie Demokrasi hak asasi manusia pendidikan politik lingkungan hidup kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural)

Wakasie Sekbid 5 (Sie Demokrasi hak asasi manusia pendidikan politik lingkungan hidup kepekaan dan Toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural)

Kasie Sekbid 6 (Sie Kreativitas, keterampilan dan kewirausahaan)

Wakasie Sekbid 6 (Sie Kreativitas, keterampilan dan kewirausahaan)

Kasie Sekbid 7 (Sie Kualitas jasmani, kesehatan dan gizi yang berbasis sumber gizi yang terdiversifikasi)

Wakasie Sekbid 7 (Sie Kualitas jasmani, kesehatan dan gizi yang berbasis sumber gizi yang terdiversifikasi)

Kasie Sekbid 8 (Sie Sastra dan Budaya)

Wakasie Sekbid 8 (Sie Sastra dan Budaya)

Kasie Sekbid 9 (Sie Teknologi Informatika)

Wakasie Sekbid 9 (Sie Teknologi Informatika)

Kasie Sekbid 10 (Sie Komunikasi dalam Bahasa Inggris)

Wakasie Sekbid 10 (Sie Komunikasi dalam Bahasa Inggris)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. MAJELIS PERWAKILAN KELAS (MPK)

 

NO

NAMA

JABATAN

1

Rizki Nur Khikmah

Koordinator

2

Anna Tasya

Bendahara

3

Amanda Febriani

Bendahara

4

Ananda Berliana Putri

Sekretaris

5

Kholifatul Azzamia

Sekretaris

6

Lutfiyah Azizah

Komisi A

7

Esa Mareta Nursandani

Komisi A

8

Mayrafa Murtavina

Komisi A

9

Muhammad Nadhif Karim

Komisi A

10

Rahmania Khamdanah

Komisi A

11

Muhammad Dhiqi Musyafa'

Komisi B

12

Kintan Kinasih Mahaputri

Komisi B

13

Azizah

Komisi B

14

Nailatul Ghonimah

Komisi B

15

Aditya Bachtiar

Komisi C

16

Dinda Dwi Afrida

Komisi C

17

Annisa Tiara Sari

Komisi C

18

Fina Andriana

Komisi C

19

Nanang Angga Prasetyo

Komisi D

20

Renika Nadiha

Komisi D

21

Cuti Yuliani

Komisi D

22

Lailatus Swaranisah

Komisi D

23

Muhammad Akbar Fathan

Komisi E

24

Riana

Komisi E

25

Silvia Olinda Apriliani

Komisi E

 

 

 

 

 

 

 


ARTIKEL TERKAIT
BERI KOMENTAR
4 + 4 =
DAFTAR KOMENTAR

    BELUM ADA KOMENTAR